Kamis, 21 Juli 2011

SIAPAKAH ALEXANDER CALDER, KENAPA DIA DIJADIKAN LAMBANG GOOGLE HARI INI(JUMAT 22 JULI 2011)

Alexander Calder lahir di tahun 1898, anak kedua seniman tua-ayahnya adalah seorang pematung dan ibunya seorang pelukis.Karena ayahnya, Alexander Calder Stirling, menerima komisi publik, keluarga melintasi negeri sepanjang masa kanak-kanak Calder.Calder didorong untuk membuat, dan sejak usia delapan tahun ia selalu punya bengkel sendiri di mana pun keluarga tinggal. Untuk Natal tahun 1909, Calder disajikan orangtuanya dengan dua patung pertama, anjing kecil dan memotong bebek dari lembar kuningan dan membungkuk ke dalam formasi. Bebek adalah kinetik-itu batu kembali dan sebagainya ketika diketuk. Bahkan pada usia sebelas tahun, fasilitas di penanganan bahan tampak jelas.





 
Meskipun bakatnya, Calder aslinya tidak berangkat untuk menjadi seorang seniman. Ia justru terdaftar di Institut Teknologi Stevens setelah sekolah tinggi dan lulus pada 1919 dengan gelar sarjana teknik. Calder bekerja selama beberapa tahun setelah wisuda di berbagai pekerjaan, termasuk sebagai insinyur hidrolik dan insinyur otomotif, pencatat waktu di kamp penebangan, dan pemadam kebakaran di ruang ketel kapal. Sementara melayani dalam pendudukan terakhir, di kapal dari New York menuju San Fransisco, Calder terbangun di dek untuk melihat kedua matahari terbit cemerlang dan bulan purnama gemilang; masing-masing terlihat di cakrawala yang berlawanan (kapal kemudian berbaring di lepas pantai Guatemala ). Pengalaman membuat kesan abadi pada Calder: ia akan menyebutnya sepanjang hidupnya.
Calder berkomitmen untuk menjadi seorang seniman segera sesudahnya, dan pada tahun 1923 ia pindah ke New York dan terdaftar di Art Students League. Ia juga mengambil pekerjaan yang menggambarkan untuk Polri Lembaran , yang mengirimnya ke Ringling Brothers dan Barnum & Bailey Circus untuk sketsa adegan sirkus selama dua minggu pada tahun 1925. Sirkus menjadi minat seumur hidup yang Calder, dan setelah pindah ke Paris pada 1926, dia menciptakan nya Cirque Calder , tubuh yang kompleks dan unik seni. Kumpulan termasuk pemain kecil, hewan, dan alat peraga dia telah mengamati di Ringling Brothers Circus. Dibuat dari kawat, kulit, kain, dan bahan yang ditemukan lainnya, Cirque Calderdirancang untuk dimanipulasi secara manual oleh Calder. Setiap bagian itu cukup kecil untuk dikemas dalam batang pohon besar, yang memungkinkan seniman untuk membawanya dengan dia dan tahan pertunjukan di mana saja. Kinerja pertama diadakan di Paris untuk audiens teman-teman dan rekan-rekan, dan segera Calder menyajikan sirkus di Paris dan New York untuk banyak keberhasilan. Rendering Calder sirkus yang sering berlangsung sekitar dua jam dan cukup rumit. Memang, Cirque Calder mendahului seni pertunjukan oleh empat puluh tahun.
Calder menemukan dia menikmati bekerja dengan kawat untuk sirkus: dia segera mulai memahat dari bahan potret teman-teman dan tokoh masyarakat hari. Firman perjalanan tentang artis inventif, dan pada tahun 1928 Calder diberikan solo pertamanya menampilkan galeri di Galeri Weyhe di New York. Acara di Weyhe segera diikuti oleh orang lain di New York, serta di Paris dan Berlin: sebagai hasilnya, Calder menghabiskan banyak waktu menyeberangi laut dengan perahu. Dia bertemu Louisa James (satu cucu perempuan penulis Henry James) pada salah satu perjalanan kapal dan dua menikah pada Januari 1931. Ia juga menjadi ramah dengan seniman terkemuka banyak dan intelektual dari awal abad kedua puluh saat ini, termasuk Joan Miró, Fernand Léger, James Johnson Sweeney, dan Marcel Duchamp. Pada bulan Oktober 1930, Calder mengunjungi studio Piet Mondrian di Paris dan sangat terkesan oleh dinding persegi panjang kertas berwarna yang Mondrian terus direposisi untuk percobaan komposisi. Dia teringat di kemudian hari bahwa pengalaman ini "terkejut" dia menuju abstraksi total. Selama tiga minggu setelah kunjungan ini, ia menciptakan lukisan abstrak semata-mata, hanya untuk menemukan bahwa dia memang suka patung untuk lukisan.Segera setelah itu, ia diundang untuk bergabung Abstraksi-penciptaan, sebuah kelompok berpengaruh seniman (termasuk Arp, Mondrian, dan Hélion) dengan siapa ia menjadi ramah.
Pada musim gugur tahun 1931, titik balik yang signifikan dalam karir seni Calder terjadi ketika ia menciptakan patung pertama benar-benar kinetik dan memberikan formulir untuk tipe baru sepenuhnya seni. Yang pertama dari benda-benda ini digerakkan oleh sistem engkol dan motor, dan dijuluki "ponsel" oleh Marcel Duchamp-dalam bahasa Prancis ponsel mengacu pada baik "gerak" dan "motif." Calder segera ditinggalkan aspek mekanik ini bekerja ketika dia menyadari bahwa dia bisa mode ponsel yang akan berombak sendiri dengan arus udara itu. Jean Arp, untuk membedakan non-kinetik Calder bekerja dari karya kinetik, bernama stasioner Calder objek "stabiles."
Pada tahun 1933, Calder dan Louisa meninggalkan Prancis dan kembali ke Amerika Serikat, di mana mereka membeli sebuah rumah pertanian tua di Roxbury, Connecticut. Calder dikonversi suatu tempat simpangan es yang menempel ke rumah utama ke sebuah studio untuk dirinya sendiri. Putri pertama mereka, Sandra, lahir pada tahun 1935, dan putri kedua, Maria, diikuti pada tahun 1939. Dia juga mulai hubungannya dengan Pierre Matisse Gallery di New York dengan pertunjukan pertama pada tahun 1934. James Johnson Sweeney, yang telah menjadi teman dekat, menulis kata pengantar katalog itu. Calder juga dibangun set untuk balet oleh Martha Graham dan Eric Satie selama tahun 1930, dan terus memberikan Cirque Calder pertunjukan.
Calder upaya awal pada umumnya, patung-patung di luar ruangan juga dibangun dalam dekade ini. Ini pendahulu kemudian bekerja memaksakan di depan publik jauh lebih kecil dan lebih halus; upaya pertama dibuat untuk kebunnya yang mudah bengkok dalam angin yang kuat. Namun, mereka adalah indikasi dari niat awal untuk bekerja dalam skala besar. Pada tahun 1937, Calder diciptakan pertama yang besar melesat stabil kuno sepenuhnya dari lembaran logam, yang berjudul Ikan Setan . Pembesaran dari sebelumnya stabil dan lebih kecil, pekerjaan itu dipamerkan dalam sebuah acara Pierre Matisse Gallery, Stabiles dan Mobiles . Acara ini juga termasuk Big Bird , pekerjaan besar berdasarkan sebuah maket kecil. Segera setelah itu, Calder menerima komisi untuk membuat kedua Fountain Mercury untuk Pavilion Spanyol di World Fair di Paris (kerja yang menyimbolkan perlawanan Republik Spanyol ke fasisme) dan Perangkap Lobster dan Ikan Tail , sebuah ponsel yang cukup besar dipasang di tangga utama dari Museum Seni Modern di New York.
Ketika Amerika Serikat memasuki Perang Dunia II, Calder diterapkan untuk masuk ke Korps Marinir tetapi akhirnya ditolak.Dia terus membuat: karena logam adalah dalam pasokan singkat selama perang tahun, Calder berubah semakin ke kayu sebagai media patung. Bekerja di kayu menghasilkan lain bentuk asli dari patung, karya yang disebut "rasi bintang" oleh Sweeney dan Duchamp. Dengan elemen ukiran kayu mereka berlabuh dengan kawat, rasi bintang, disebut demikian karena mereka menyarankan kosmos, meskipun Calder tidak bermaksud bahwa mereka mewakili sesuatu yang khusus. Pierre Matisse Gallery mengadakan pameran karya-karya ini pada musim semi tahun 1943, solo terakhir Calder pertunjukan di galeri itu. Hubungannya dengan Matisse berakhir lama kemudian dan ia mengambil Galeri Buchholz / Curt Valentin sebagai representasi New York.
Empat puluhan dan lima puluhan adalah periode yang sangat produktif bagi Calder, yang diluncurkan pada tahun 1939 dengan retrospektif pertama karyanya di George Walter Smith Galeri Vincent di Springfield, Massachusetts. Sebuah retrospektif, besar kedua dipamerkan di Museum of Modern Art di New York hanya beberapa tahun kemudian, pada tahun 1943. Pada tahun 1945, Calder membuat serangkaian skala kecil bekerja, sesuai dengan ekonomi, banyak yang dibuat dari potongan-potongan logam dipangkas sementara membuat potongan lebih besar. Ketika mengunjungi studio Calder tentang waktu ini, Duchamp tertarik dengan karya-karya kecil. Terinspirasi oleh gagasan bahwa bekerja dapat dengan mudah dibongkar, dikirim ke Eropa, dan kembali berkumpul untuk pameran, ia merencanakan acara Calder di Galerie Louis Carré di Paris. Ini menunjukkan penting diadakan tahun berikutnya dan Jean-Paul Sartre menulis esai terkenal di ponsel Calder untuk katalog pameran. Pada tahun 1949, Calder dibangun ponselnya terbesar, International Mobile , untuk Museum Philadelphia Pameran Seni Internasional Ketiga tentang Sculpture.Dia merancang set untuk "Happy sebagai Larry," sebuah drama yang disutradarai oleh Burgess Meredith, dan untuk Nucléa , pertunjukan tari yang disutradarai oleh Jean Vilar. Galerie Maeght di Paris juga menggelar acara Calder pada tahun 1950, dan kemudian menjadi dealer eksklusif Paris Calder. Hubungannya dengan Galerie Maeght berlangsung dua puluh enam tahun, sampai kematiannya pada tahun 1976. Setelah New York agen nya Curt Valentin tiba-tiba meninggal pada tahun 1954, Calder dipilih Galeri Perls di New York sebagai dealer baru Amerika, dan aliansi ini juga berlangsung sampai akhir hidupnya.
Calder memusatkan usahanya terutama pada skala besar bekerja ditugaskan di tahun kemudian. Beberapa komisi patung monumental yang utama meliputi: 0,125 , ponsel untuk Port Authority New York yang digantung di Idlewild (sekarang John F. Kennedy) Bandara (1957); La Spirale , untuk UNESCO, di Paris (1958); Teodelapio , untuk kota Spoleto, Italia (1962); Manusia , untuk Expo di Montreal (1967); El Sol Rojo (yang terbesar dari bekerja sepanjang Calder, pada umur enam puluh tujuh kaki tinggi) dipasang di luar Stadion Aztec untuk Olimpiade di Mexico City; La grande Vitesse , karya seni publik pertama yang akan didanai oleh National Endowment for the Arts (NEA) untuk kota Grand Rapids, Michigan (1969), dan Flamingo , sebuah stabil untuk Administrasi Layanan Umum di Chicago (1973).
Sebagai jangkauan dan luasnya berbagai proyek dan komisi menunjukkan, bakat artistik Calder yang terkenal di seluruh dunia oleh 1960-an. Sebuah retrospektif terhadap karyanya dibuka di Museum Guggenheim di New York pada tahun 1964. Lima tahun kemudian, Maeght Fondation, di Saint-Paul-de-Vence, Prancis, diselenggarakan retrospektif sendiri Calder. Pada tahun 1966, Calder, bersama dengan anak-dalam-hukum Jean Davidson, menerbitkan sebuah otobiografi diterima dengan baik. Selain itu, kedua dealer Calder, Galerie Maeght di Paris dan Galeri Perls di New York, rata-rata sekitar satu Calder menampilkan setiap per tahun.
Pada 1976, ia menghadiri pembukaan lagi retrospektif karyanya,Universe Calder , di Whitney Museum Seni Amerika di New York.Hanya beberapa minggu kemudian, Calder meninggal pada usia tujuh puluh delapan, mengakhiri karir artistik yang paling produktif dan inovatif dari abad kedua puluh.
Berikut potret karya-karyanya

 


Vertical Constellation

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar